Senin, 07 Januari 2019

Sosialisasi “Dosa” dan “Astra” (Produk Unggulan dari KKN 31 Kompol)

KKN 31 Kompol




Sabtu (05/01) Musim rambutan tak lantas membuat semua orang menjual buah rambutan. Ada baiknya, buah rambutan dapat diolah menjadi makanan yang memiliki nilai jual. Seperti yang dilakukan oleh KKN 31 Kompol kali ini, rambutan yang biasa dijual secara langsung dipasaran diolah menjadi makanan segar yang dapat melepas dahaga pada siang hari.
Asra atau asinan rambutan ini menjadi produk unggulan KKN 31 Kompol. Cara pembuatan asinan rambutan yang tak begitu rumit membuat makanan ini bisa dipraktikkan oleh ibu-ibu setempat dengan mudah. Ditambah lagi buat rambutan yang dapat dijumpai didepan rumah-rumah warga.
Selain Asra, produk unggulan KKN 31 yang lain adalah “Dosa” atau Donat Sawo. Seperti namanya, donat sawo ini berbahan dasar buah sawo, tidak menggunakan kentang untuk bahan bakunya. Dipilihnya buah sawo dalam pembuatan “Dosa” karena bauh sawo banyak ditemui di Desa Kompol, maka tentu sangat mudah dijumpai.
Pembuatan “Dosa” sendiri tidak jauh berbeda dengan membuat donat pada umumnya, hanya mengganti bahan dasar kentang dengan dengan buah Sawo. Untuk orang-orang yang tidak menyukai buah sawo, buah sawo kini bisa dinikmati dalam bentuk donat.
Dipilihnya dua bahan dasar tersebut, yaitu sawo dan rambutan karana dua buah tersebut mudah sekali ditemui di Desa Kompol. Pasalnya, masyarakat di Desa Kompol rata-rata memiliki pohon buah rambutan dan pohon buah sawo. Dari pada dijual dalam bentuk buah, tentu akan lebih menarik jika buah tersebut dipasarkan dengan bentuk olahan makanan.
Sosialisasi 2 produk unggulan KKN 31 ini di ikuti oleh kurang lebih 25 ibu-ibu, dimulai pukul 10.00 Wib. Antusias warga dalam mengikuti kegiatan ini beragam, selain karena memang ingin tahu bagaimana cara membuatnya juga karena ingin tahu bagaimana rasa dari kedua produk tersebut.
Setelah sosialisasi ini, diharapkan warga setempat bisa mempratekan sendiri dirumah masih-masih atau mungkin lebih baik lagi jika dapat dijual dan menambah penghasilan.

KKN 31 Kompol / Author & Editor

Has laoreet percipitur ad. Vide interesset in mei, no his legimus verterem. Et nostrum imperdiet appellantur usu, mnesarchum referrentur id vim.

0 komentar:

Posting Komentar

Coprights @ 2016, Blogger Templates Designed By Templateism | Distributed By Gooyaabi Templates