Selasa, 01 Januari 2019

Desa “Kompol” Sebuah Nama Yang Terlahir dari Sejarah (Profil Desa)

KKN 31 Kompol


Desa Kompol adalah desa kecil yang terletak di Kecamatan Geger Kabupaten Bangkalan. Desa Kompol memiliki satu Kepala Desa yang bernama Pak Marsuki dan Sekretaris desa Pak Busri.  Desa dengan luas lahan pemukiman sekitar 21,5 Ha ini memiliki mata pencaharian rata-rata sebagai seorang petani. Lahan di Desa Kompol sendiri adalah perbukitan/pegunungan rendah.
            Letak Desa Kompol berbatasan dengan tiga desa lain, yaitu pada sebelah utara berbatasan dengan Desa Lergunong Kecamatan Klampis, selatan dan timurnya berbatasan dengan Desa Campor yang masih masuk di Kecamatan Geger, sedangkan di sebelah baratnya berbatasan dengan Desa Berbeluk Kecamatan Arosbaya.
            Desa Kompol memiliki 5 dusun, diantaranya Dusun Basen, Dusun Doroagung 1, Dusun Doroagung 2, Dusun Pangsekon dan yang terakhir yaitu Dusun Penyantren.
Desa Kompol adalah satu dari 13 desa yang terletak di Kecamatan Geger. Menurut cerita yang dituturkan oleh Sekretaris Desa yaitu Pak Busri, dulu desa Kompol memiliki 3 kepala desa, oleh sebab itu desa ini dinamakan Desa Kompol atau diartikan sebagai kumpul. Namun sejak 2 tahun terakhir Desa Kompol dipimpin oleh satu Kepala Desa saja.
Seperti namanya, desa Kompol atau dapat diartikan ‘kumpul’ ini memiliki warga yang ramah tamah. Senang berkumpul dan bergotong royong untuk membangun desa. Masyarakat desa Kompol rata-rata bekerja sebagai seorang petani. Sebagian penduduknya memilih merantau ke Malaysia daripada merantau ke Ibukota. Hal itu disebabkan karena pendidikan di desa ini yang masih tergolong rendah. Banyak anak-anak yang hanya menempuh pendidikan sampai tamat SD saja.
Sebenarnya Desa Kompol memiliki banyak potensi wisata, namun karena kurangnya pengetahuan masyarakat tempat-tempat yang memiliki potensi objek wisata masih belum bisa dikembangkan dengan baik. Selain objek wisata masih banyak sejarah mengenai Desa Kompol yang cukup menarik untuk digali lebih dalam lagi.
Maka dari itu, kedatangan teman-teman KKN sangatlah penting untuk membuka potensi wisata tersebut.

Bersama, untuk membantu sesama. Salam dari KKN 31 KOMPOL 2019

KKN 31 Kompol / Author & Editor

Has laoreet percipitur ad. Vide interesset in mei, no his legimus verterem. Et nostrum imperdiet appellantur usu, mnesarchum referrentur id vim.

0 komentar:

Posting Komentar

Coprights @ 2016, Blogger Templates Designed By Templateism | Distributed By Gooyaabi Templates