Sabtu, 28 Juli 2018

PELATIHAN PEMBUATAN PUPUK ORGANIK CAIR

Sita Tobing
Foto : Demonstrasi Pembuatan POC oleh PJ, Yanto Arisandi.

Sektor pertanian merupakan sektor utama masyarakat Desa Kompol, dimana mayoritas mata pencarian masyarakatnya adalah petani ataupun buruh tani. Melihat hal tersebut maka kelompok KKN 69 UTM mengadakan Pelatihan Pembuatan Pupuk Organik Cair (yang selanjutnya disebut dengan POC).

Pelatihan Pembuatan POC oleh KKN 69 UTM dilaksanakan hari minggu, 22 Juli 2018 pukul 14.00, bertempat di Posko KKN 69 UTM.

Peserta pelatihan pembuatan POC ialah petani, baik yang tergabung maupun tak tergabung dalam kelompok tani, dan masyarakat yang bertempat tinggal tak jauh dari Posko KKN 69.

Bahan yang diperlukan dalam membuat POC yaitu air, gula merah, air kelapa, air leri dan air perasan pelepah pisang. Bila tak ada pelepah pisang maka dapat digantikan dengan kotoran ternak, limbah dapur, ataupun sampah organik lainnya. Sedangkan manfaat POC bagi tanaman diantaranya yaitu menyehatkan lingkungan, menyehatkan tanah, lebih ekonomis, mampu meningkatkan kualitas produk pertanian, jika diaplikasikan melebihi ketentuan tidak akan bersifat toksik bagi tanaman, dan menambah bakteri yang bermanfaat dalam tanah.

Pelatihan ini dimaksudkan pula guna mendukung program utm yakni pengembangan 6 sektor potensi lokal madura. (hld)

Sita Tobing / Author & Editor

Has laoreet percipitur ad. Vide interesset in mei, no his legimus verterem. Et nostrum imperdiet appellantur usu, mnesarchum referrentur id vim.

0 komentar:

Posting Komentar

Coprights @ 2016, Blogger Templates Designed By Templateism | Distributed By Gooyaabi Templates