Rabu, 02 Agustus 2017

Profil Desa

Faishal Abdau






Gambar bentang wilayah desa Kompol



Desa Kompol merupakan salah satu desa dari 13 desa di Kecamatan Geger Kabupaten Bangkalan, desa Kompol  berbatasan langsung dengan 3 desa dimana sebelah utara terdapat desa Lergunong Kecamatan Klampis, sebelah selatan dan timur terdapat desa Campor Kecamatan Geger, sebelah barat terdapat desa Berbeluk Kecamatan Arosbaya. Desa kompol  terdiri dari 5 dusun yaitu dusun Basen, dusun Doro Agung 1, dusun Doro Agung 2, dusun Pangsekon dan dusun Penyantren. Jarak dari kota Bangkalan berkisar  antara 21-22 Km dengan estimasi waktu tempuh 30 menit. Luas wilayah pemukiman desa Kompol seluas 21,5 Ha dan memiliki  hutan rakyat seluas 65 Ha. Topografi atau bentang lahan desa Kompol adalah dataran dan perbukitan/pegunungan rendah.

Seperti pada daerah-daerah Madura pada umumnya, masyarakat desa Kompol dari segi keagamaan sangatlah baik. Elemen  masyarakat desa Kompol terdiri dari berbagai macam penduduk, tidak hanya penduduk asli namun ada pula penduduk pendatang. Walaupun masyarakat desa Kompol heterogen, namun rasa toleransi, saling membantu, kekeluargaan dan gotong royong sangatlah tinggi dan tetap terjaga dengan baik di desa ini. Hal itu dibuktikan dengan pada saat ada kegitan masyarakat, warga bersama-sama saling gotong royong dan selalu membantu jika ada tetangga yang membutuhkan. Dilihat dari beberapa sektor penting desa Kompol masih memerlukan perhatian khusus terlebih dari segi sektor fisik dan non fisik. Kurangnya Sumber Daya Manusia yang berpengalaman dalam bidangnya membuat pemanfaatan pengolahan hasil pertanian dan tidak maksimal bahkan tidakbegitu berkembang. Masyarakat desa masih mengolah hasil pertanian dengan cara lama. Hasil panen juga langsung dijual ke pasar tanpa ada pemnafaatan lebih lanjut lagi. 

Pendidikan dan kesehatan juga masih kurang dikarenakan kurangnya pengetahuan.Desa Kompol merupakan salah satu desa dari 13 desa di Kecamatan Geger Kabupaten Bangkalan, desa Kompol  berbatasan langsung dengan 3 desa dimana sebelah utara terdapat desa Lergunong Kecamatan Klampis, sebelah selatan dan timur terdapat desa Campor Kecamatan Geger, sebelah barat terdapat desa Berbeluk Kecamatan Arosbaya. Desa kompol  terdiri dari 5 dusun yaitu dusun Basen, dusun Doro Agung 1, dusun Doro Agung 2, dusun Pangsekon dan dusun Penyantren. Jarak dari kota Bangkalan berkisar  antara 21-22 Km dengan estimasi waktu tempuh 30 menit. Luas wilayah pemukiman desa Kompol seluas 21,5 Ha dan memiliki  hutan rakyat seluas 65 Ha. Topografi atau bentang lahan desa Kompol adalah dataran dan perbukitan/pegunungan rendah.

Seperti pada daerah-daerah Madura pada umumnya, masyarakat desa Kompol dari segi keagamaan sangatlah baik. Elemen  masyarakat desa Kompol terdiri dari berbagai macam penduduk, tidak hanya penduduk asli namun ada pula penduduk pendatang. Walaupun masyarakat desa Kompol heterogen, namun rasa toleransi, saling membantu, kekeluargaan dan gotong royong sangatlah tinggi dan tetap terjaga dengan baik di desa ini. Hal itu dibuktikan dengan pada saat ada kegitan masyarakat, warga bersama-sama saling gotong royong dan selalu membantu jika ada tetangga yang membutuhkan. 

Dilihat dari beberapa sektor penting desa Kompol masih memerlukan perhatian khusus terlebih dari segi sektor fisik dan non fisik. Kurangnya Sumber Daya Manusia yang berpengalaman dalam bidangnya membuat pemanfaatan pengolahan hasil pertanian dan tidak maksimal bahkan tidakbegitu berkembang. Masyarakat desa masih mengolah hasil pertanian dengan cara lama. Hasil panen juga langsung dijual ke pasar tanpa ada pemnafaatan lebih lanjut lagi. Pendidikan dan kesehatan juga masih kurang dikarenakan kurangnya pengetahuan.

Faishal Abdau / Author & Editor

Has laoreet percipitur ad. Vide interesset in mei, no his legimus verterem. Et nostrum imperdiet appellantur usu, mnesarchum referrentur id vim.

0 komentar:

Posting Komentar

Coprights @ 2016, Blogger Templates Designed By Templateism | Distributed By Gooyaabi Templates