Jumat, 11 Agustus 2017

Pertanian

Faishal Abdau


                     



              Pertanian di desa Kompol dipengaruhi oleh musim dan jenis tanahnya. Saat datang musim penghujan para petani di desa Kompol menanam padi sedangkan saat datang musim kemarau maka petani menanam tanaman yang tidak membutuhkan banyak air seperti tanaman kacang dan jagung.
Dari beberapa tanaman yang ditanam para petani yang paling membuahkan hasil adalah menanam padi. Namun di samping itu menanam padi juga memiliki resiko yang tinggi. Jika tiba masa panen namun intensitas hujan masih tinggi maka batang padi akan membusuk yang membuat petani merugi. Selain pengaruh hujan hama tanaman juga sering menyerang tanaman padi.
Pada musim kemarau para petani menanam jagung atau kacang. Dari cacatan yang ada petani desa Kompol menghasilkan jagung yang cukup banyak. Sayangnya pemanfaatan dari hasil panen jagung kurang maksimal. Petani hanya menjual jagung tanpa mengolah menjadi bahan makanan yang lebih menguntungkan.
Selain lahan pertanian masyarakat desa Kompol juga memiliki perkarangan dan kebun dimana setiap perkarangan dan kebun masyarakat ditanami pohon sawo,  mangga dan tanaman asam dimana disaat musim berbuah masyarakat dapat menjual hasil panen buah-buahannya dan sebagai tambahan penghasilan.



Status kepemilikan pertanian tanaman pangan di desa Kompol yaitu yang menjadi pemilik tanah sawah berjumlah 599 orang, pemilik tanah tegalan/ladang berjumlah 253 orang dan sebagai penyewa atau penggarap 70 orang serta penyakap 30 orang dan buruh tani berjumlah 120 orang.

Faishal Abdau / Author & Editor

Has laoreet percipitur ad. Vide interesset in mei, no his legimus verterem. Et nostrum imperdiet appellantur usu, mnesarchum referrentur id vim.

0 komentar:

Posting Komentar

Coprights @ 2016, Blogger Templates Designed By Templateism | Distributed By Gooyaabi Templates