Jumat, 11 Agustus 2017

Pelatihan Pembuatan Dodol dan Tortila dari Jagung

Faishal Abdau






Jagung merupakan makanan pokok sebagian besar warga Indonesia. Karena jumlah per panennya yang melimpah maka jagung tidak hanya bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan pokok masyarakat. Namun jagung juga bisa diolah menjadi produk yang bernilai. Desa Kompol merupakan satu desa di kecamatan Geger Bangkalan Madura yang dimana penduduknya sebagian besar menanam jagung.
Maka dari itu kelompok KKN UTM 49 bersama-sama mengajak warga untuk membuat produk yang berbahan dasar jagung yaitu dodol dan tortila. Kegiatan yang bertempat di Posko KKN 49 ini dihadiri oleh seluruh warga desa Kompol. Pelatihan pembuatan dodol dan tortila ini bertujuan untuk memberikan pelatihan pada warga untuk membuat sebuah produk yang berdaya jual tinggi.
Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Kamis sore. Para warga yang khususnya ibu-ibu di desa Kompol terlihat sangat antusias mengikuti kegiatan tersebut. Para warga memperhatikan dengan seksama penjelasan dari para mahasiswa. Tak jarang banyak warga yang maju kedepan karena penasaran.
Pada acara pelatihan pembuatan dodol dan tortila para warga juga diberikan pengarahan cara pemasaran yang baik dan pelatihan mengatur keuangan. Di akhir acara para panitia memberikan bingkisan bagi peserta yang beruntung.

Kegiatan ini diharapkan bisa membuat warga lebih kreatif dalam mengolah jagung menjadi jajanan yang berdaya jual tinggi. 

Faishal Abdau / Author & Editor

Has laoreet percipitur ad. Vide interesset in mei, no his legimus verterem. Et nostrum imperdiet appellantur usu, mnesarchum referrentur id vim.

0 komentar:

Posting Komentar

Coprights @ 2016, Blogger Templates Designed By Templateism | Distributed By Gooyaabi Templates